Rabu, 14 Desember 2011

Jamiatul Mudzakirin Yarju Rohmatalloh




Jamiatul Mudzakirin Yarju Rohmatalloh is a building from Shiddiqiyyah Comunity. Special place to create Dzikr lesson in Shiddiqiyyah Thoriqoh. In the world Jamiatul Mudzakirin Yarju Rohmatalloh 2 building only. One in Losari Ploso Jombang and an other one ini Mungkin, Borobudur, Magelang.

Gedung Jami’atul Mudzakirin Shiddiqiyyah Pusat Yang Bersejarah, kemudian setelah selesai dibangun bergati nama Jamiatul Mudzakirin Yarju Rohmatalloh.

Jamiatul Mudzakirin terdiri dari dua kata, yaitu “Jami’at” artinya perkumpulan atau persatuan dan “Al-Mudzakirin” artinya orang-orang yang berdzikir pada Alloh, orang-orang yang ingat sadar akan adanya Alloh. Secara arti kata berarti, Jamiatul Mudzakirin adalah perkumpulan, persatuan orang-orang yang berdzikir kepada Alloh, ingat sadar adanya Alloh. Gedung Jami’atul Mudzakirin adalah tempat yang menjadi centralnya perkembangan Thoriqoh Shiddiqiyyah. Karena di dalam gedung Jami’atul Mudzakirin inilah, baiat pelajaran pokok thoriqoh Shiddiqiyyah dilakukan oleh Mursyid atau para kholifah-nya.


Mengapa disebut Gedung Jamiatul Mudzakirin Shiddiqiyyah Pusat Yang Bersejarah ?
Disebut “Yang Bersejarah” karena dari Gedung inilah nantinya akan diluncurkan kader-kader shiddiqiyyah ke seluruh penjuru dunia, yang akan menyampaikan dakwah syiar Thoriqoh Shiddiqiyyah ke seluruh masyarakat dunia sesuai dengan profesi dan keahliannya masing-masing. Di dalam gedung Jami’atul Mudzakirin Pusat inilah akan dididik, dicetak kader-kader militan shiddiqiyyah yang telah melalui pendidikan secara khusus mulai dari umur 5 atau 6 tahun selama 10-12 tahun dalam Tarbiyatul Hifdzul Ghulam wal Banat dan kemudian selama 2 tahun dalam bimbingan langsung Mursyid melalui Madrosatul Maqoshidul Qur’anul Mubiin.

Gedung ini dibangun lebih dari sepuluh tahun (14 tahun) masa penyelesaiannya. Biayanya diperoleh hanya dari warga thoriqoh shiddiqiyyah.Gedung ini mempunyai dua pintu Gerbang yang ber-Gapura Indah dengan diukir kaligrafi ayat-ayat al-Qur’an.
Pintu Gerbang Utama ada dua Gapura yaitu gapura gerbang luar dan gapura gerbang dalam. Berdiri diatas kolam yang sejuk , memiliki 4 menara pada empat sudut bangunannya, dan ditengahnya ada kubah yang berwarna luar ke-emasan.

Dibagian lingkar dalam sekitar gedung terpancang papan beton yang mengabadikan berlian-berlian Ayat-Ayat Qur’an dan sabda-sabda Nabi Muhammad SAW serta kata-kata Ulama Warosatul Ambiya tentang pokok ajaran Islam dan kedudukan Ilmu Tasawuf dalam Islam.

Untuk menuju gedung Utama dihubungkan melalui sebuah jembatan indah yang melintasi kolam dibawahnya. Semua orang yang melihat gedung ini dari bagian luar akan ta’jum dengan keindahannya, dan jika memasuki gedung dengan diawali dari Gapura luar maka seseorang akan berjalan lambat-lambat karena harus mencemarti setiap sudut bangunan yang indah dan penuh pelajaran.

Seandainya seseorang berkunjung kemudian mempelajari atau sekedar mencatat semua pelajaran yang terukir dalam setiap sudut bangunan maka tidaklah cukup waktu sehari baginya. Untuk membuktikan keindahan yang dipenuhi dengan pelajaran hidup yang paling tepat adalah datang lah sendiri dan saksikan dengan cermat. Anda akan mendapatkan lebih dari yang ada dalam keterangan ini.

Yarju Rohmatalloh artinya mengharap-harap rohmatnya Alloh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar