Rabu, 14 Desember 2011

Perbedaan Sholat Dhuhur dengan Sholat Jum-at



DUA DALIL CUKUP
Untuk membuktikan kekeliruannya orang yang tidak mengerjakan Sholat Dhuhur pada hari Jum'at dengan alasan dia telah mengerjakan Sholat Jum'at.
~¤~ SATU ~¤~
Qoola Rosululloh SAW: "Annalloha ta'aala qod iftarodho 'alaihim khomsa sholawaatin fii kulli yaumin wa lailatin." (An Ibnu Abbas Rowahul Bukhori/jilid I/bab Wujubuz Zakat hal 242)
Bersabda Rosululloh SAW : "Sesungguhnya Alloh Ta'aala itu sungguh sungguh memfardhukan atas mereka lima kali sholat dalam tiap tiap hari dan malam,"
KANDUNGAN DALIL INI
Iftarodho 'alaihim (mewajibkan atas mereka)
Maksud "mereka " adalah mereka orang orang Islam,hamba sahaya, sehat, sakit, tua, muda, musafir, mukim, bangun, tidur, lupa, ingat, dimana saja, keadaan bagaimanapun.
Khomsa sholawatin
(lima kali sholat)
Mengandung ketetapan ketetapan yaitu:
1. Tidak boleh lebih dari lima kali.
2. Tidak boleh kurang dari lima kali.
3. Tidak boleh diganti, baikpun namanya maupun tata caranya.
4. Tidak akan dihapus meskipun satu kali, untuk selama lamanya.
5. Tidak ada rukhshoh bagi sholat fardhu lima kali.
Fikulli yaumin walailatin (dalam tiap tiap hari dan malam)
Dalam kalimat kulli yaumin walailatin mengandung ketentuan:
1. Sholat fardhu lima kali tersebut jelaslah maksudnya sholat fardhu Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya', Shubuh, sebab tidak ada sholat fardhu lima kali yang wajib dikerjakan tiap tiap hari kecuali sholat sholat tersebut.
2. Lafadz: KULLI YAUMIN WALAILATIN, tidak menyebut nama hari: Ahad, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at, Sabtu, hanya disebut tiap tiap hari dan malam. Ini menunjukkan mutlak segala hari dari hari Ahad sampai hari Sabtu. Tidak boleh ada satu hari pun yg boleh kurang dari sholat fardhu lima kali tersebut, meskipun pada hari JUM'AT.
~¤~ DUA ~¤~
"LISHSHOLAATI MIN YAUMIL JUMU'ATI"
"Untuk mengerjakan sholat pada hari Jum'at." (QS. Jumu'ah 9)
Ayat ini mengandung ketentuan ketentuan :
1. Umat Islam di perintahkan mengerjakan sholat selain sholat fardhu yg lima kali yaitu tiap tiap 7 hari sekali.
2. Dalam ayat ini namanya hari disebutkan yaitu yaumul Jum'at.
3. Mengandung ketentuan, tidak boleh di lain hari Jum'at.
4. Mengandung ketentuan, waktunya pada waktu yaumul Jum'at penuh, bukan di waktu pagi, bukan diwaktu tengah hari, bukan di waktu sore, bukan di waktu qoblaz zawal, bukan di waktu ba'daz zawal, atau ba'dadh Dhuhur bukan di waktu Ashar, melainkan waktunya di yaumil Jum'at.
5. Mengandung ketentuan, bahwa sholat Jum'at itu bukan sholat KULLI YAUMIN WALAILATIN akan tetapi khusus YAUMIL JUM'AT, bukan sholat LAILATIL JUM'AT.
PERTANYAAN PERTANYAAN
1. Apakah pernah Rosululloh memerintahkan sholat Dhuhur setelah sholat Jum'at ?
Jawab: Sholat Dhuhur tidak di syariatkan waktunya setelah sholat Jum'at.
2. Apakah dalil dalam Al Qur_an maupun Hadits yg menerangkan sholat Dhuhur setelah sholat Jum'at ?
Jawab: Sholat Jum'at tidak disyariatkan mengerjakan sekaligus sholat Dhuhur.
3. Apakah pernah Rosululloh mengerjakan sholat Dhuhur setelah Jum'at ?
Jawab: Oleh sebab itu tidak pernah Rosululloh atau para sahabatnya sholat Dhuhur setelah sholat Jum'at, dan pula tidak pernah memberikan contoh sholat Jum'at sekaligus sholat Dhuhur.
4. Apakah pernah Rosululloh atau para sahabatnya mengerjakan sholat Jum'at sekaligus sholat Dhuhur ?
Jawab: Yang ada, pernah dalam syariat Islam yaitu pernah sholat Dhuhur di tiap tiap waktu Dhuhur disegala hari. Dan pernah sholat Jum'at di tiap tiap hari Jum'at. Oleh sebab itu, yg ada contoh dari Rosululloh yaitu: Sholat Dhuhur di tiap tiap waktu Dhuhur, dan contoh sholat Jum'at di tiap tiap hari Jum'at.
PERTANYAAN SEBALIKNYA
1. Manakah dalil Al Qur'an maupun Hadits yg menerangkan, sholat Dhuhur terhapus pada tiap tiap hari Jum'at ?
2. Manakah dalil Al Qur'an maupun Hadits yg menerangkan, sholat Jum'at itu gatinya sholat Dhuhur ?
3. Manakah dalil Al Qur'an maupun Hadits yg menerangkan, gugur kewajiban sholat Dhuhur pada hari Jum'at itu bagi orang yg mengerjakan sholat Jum'at ?
4. Manakah contoh dari Rosululloh / para sahabat Nabi, tidak mengerjakan sholat Dhuhur ?
PERBEDAAN PERBEDAAN ANTARA SHOLAT DHUHUR DENGAN SHOLAT JUM'AT
1. Sholat Dhuhur turun perintahnya waktu Rosululloh di Makkah.
Sholat Jum'at perintahnya turun di Madinah.
2. Sholat Dhuhur perintahnya di terima di Sidrotul Muntaha.
Sholat Jum'at perintahnya di terima di bumi.
3. Sholat Dhuhur wajib atas segala ummat Islam.
Sholat Jum'at tidak wajib untuk seluruh ummat Islam.
4. Sholat Dhuhur wajib atas kaum wanita.
Sholat Jum'at tidak wajib atas kaum wanita.
5. Sholat Dhuhur wajib atas kaum hamba sahaya.
Sholat Jum'at tidak wajib atas hamba sahaya.
6. Sholat Dhuhur wajib atas orang yang sakit.
Sholat Jum'at tidak wajib atas orang sakit.
7. Sholat Dhuhur wajib atas orang orang musafir.
Sholat Jum'at tidak wajib atas orang musafir.
8. Sholat Dhuhur wajib atas orang yg lupa.
Sholat Jum'at tidak wajib bagi orang yg lupa.
9. Sholat Dhuhur wajib atas orang yg 'udzur karena ketiduran.
Sholat Jum'at tidak wajib bagi orang yg ketiduran.
10. Sholat Dhuhur tetap wajib bagi orang yg 'udzur.
Sholat Jum'at boleh ditinggalkan bila 'udzur.
11. Sholat Dhuhur ditinggalkan dengan sengaja meskipun satu kali menjadi kufur.
Sholat Jum'a t ditinggalkan satu/dua kali tidak jdai kufur.
12. Sholat Dhuhur tidak ada rukhshoh bagi orang yg sholat idul Fithri dan idul Adlha.
Sholat Jum'at ada rukhsoh bagi orang yg mengerjakan sholat idul Fithri dan Adlha.
13. Sholat Dhuhur bisa di jama' dgn sholat ashar.
Sholat Jum'at tdk ada jama' baginya.
14. Sholat Dhuhur bisa di qoshor.
Sholat Jum'at tdk ada qoshor baginya.
15. Sholat Dhuhur tdk memakai khutbah.
Sholat Jum'aj memakai khuthbah.
16. Sholat Dhuhur bacaannya suratnya dgn samar.
Sholat Jum'at bacaanya suratnya jelas/keras.
17. Sholat Dhuhur wajib tiap tiap hari.
Sholat Jum'at hanya 7 hari sekali.
18. Sholat Dhuhur waktunya mulai gelincir matahari sampai bayangan sama dgn panjang badan orangnya.
Sholat Jum'at waktunya 12 jam.
19. Sholat Dhuhur kedudukannya sebagai tiang agama.
Sholat Jum'at kedudukannya sebagai sholat ied tiap tiap 7 hari.
20. Seluruh umat Islam tdk ada yg berselisihan mengenal hukumya sholat Dhuhur yaitu Fardhu 'Ain.
Hukumnya sholat Jum'at umat Islam tdk sama pendapatnya ada yg mengatai : Fardhu 'ain, Fardhu kifayah dan Sunnah.
21. Rosululloh tidak pernah meninggalkan sholat Dhuhur.
Tapi beliau pernah meninggalkan sholat Jum'at di waktu haji Wada'.
22. Meninggalkan sholat Dhuhur sekali jadi kufur.
Meninggalkan sholat Jum'at satu kali tidak kufur.
23. Meninggalkan sholat Dhuhur sekali jadi kufur.
Meninggalkan sholat Jum'at dua kali tidak kufur.
24. Meninggalkan sholat Dhuhur sekali jadi kufur.
Meninggalkan sholat Jum'at tiga kali, bila ada udzur tidak munafiq.
25. Meninggalkan sholat Dhuhur sekali jadi kufur.
Meninggalkan sholat Jum'at tiga kali, tanpa udzur barulah di catat munafiq.
26. Waktu Dhuhur bukan waktu Ied.
Hari Jum'at disebut juga hari ied atau hari raya.
27. Sholat Dhuhur 7 hari iya 7 kali.
Sholat Jum'at 7 hari cukup sekali.
Setelah mengetahui perbedaan perbedaan antara SHOLAT DHUHUR dengan SHOLAT JUM'AT yg begitu banyaknya dan begitu menyoloknya, kita mengetahui bahwa SHOLAT DHUHUR tidak ada hubungan apa apa dengan SHOLAT JUM'AT. Adapun lelucon yg tidak lucu, orang bilang SHOLAT JUM'AT itu dikatakan sebagai gantinya SHOLAT DHUHUR. Lebih lebih lagi orang mengatakan pada hari JUM'AT dikatakan SHOLAT DHUHUR tidak disyari'atkan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar