Sabtu, 14 Januari 2012

IMAM ABU DAWUD
Imam Abu Dawud yang juga merupakan tokoh kenamaan ahli Hadits pada zamannya. Nama lengkapnya adalah: Sulaiman bin al-Asy'as bin Ishak bin Basyir bin Syidad bin 'Amr al-Azdi as-Sijistani, seorang imam ahli Hadits yang sangat teliti. Ia dilahirkan pada tahun 202 H / 817 M di Sijistani. Sejak kecilnya Abu Dawud sudah mencintai Ilmu dan para ulama bergaul dengan mereka untuk mereguk dan menimba ilmunya. Ia belajar Hadits dari para ulama yang tidak sedikit banyak jumlahnya yang dijumpainya di: Hijaz, Syam, Mesir, Irak, Jazirah, Sagar, Khurasan dan negeri lainnya. Abu Dawud mengunjungi Baghdad ber kali kali. Disana ia mengajarkan Hadits dan fiqih kepada para penduduk dengan memakai kitab Sunan sebagai pegangannya. Kemudian Abu Dawud menetap di Basrah atas permintaan Gubernur setempat, yang menghendaki supaya Basrah menjadi "KA'BAH" bagi para ilmuwan dan peminat Hadits.
Diantaranya guru Imam Abu Dawud yang paling terkemuka adalah: Ahmad bin Hanbal, al-Qa'nabi, Abu 'Amr ad-Darir, Muslim bin Ibrahim, Abdulloh bin Raja', Abul Walid at-Tayalisi dan lain lain. Ulama ulama yang mewarisi Hadits dan mengambil ilmunya antara lain : Abu 'Isa at-Tirmizi, Abu Abdur Rohman an-Nasa'i, putranya sendiri, Abu Bakar bin Abu Dawud, Abu Awanah, Abu Sa'id al-A'rabi, Abu Ali al-Lu'lu'i, Abu Bakar bin Darsah, Abu Salim Muhammad bin Sa'id al-Jaldawi.
Abu Dawud mempunyai pandangan falsafah sendiri dalam cara berpakaian. Salah satu lengan bajunya lebar namun yang satunya lebih kecil dan sempit. Lengan baju yang lebar ini digunakan untuk membawa kitab kitab, sedang yang satunya lagi tidak diperlukan. Jadi kalau dibuat lebar hanyalah berlebih lebihan.
Setelah mengalami kehidupan penuh berkat yang disisi dengan aktivitas ilmiah, penghimpun dan menyebar luaskan Hadits, Abu Dawud meninggal dunia di Basrah. Ia wafat pada tanggal 16 Syawwal 275 H / 889 M. Imam Abu Dawud banyak memiliki karya antara lain:
Kitab as-Sunnant(Sunan Abu Dawud)
Kitab al-Marasil
Kitab Al Qodar
An Nasikh Al Mansukh
Fada'il al-A'mal
Kitab az-Zuhd
Dala'il an Nubuwah
Ibtida' al-Wahyu
Ahbar al-Khowarij
Diantara karya karya tersebut yang paling bernilai tinggi dan masih tetap masih tetap beredar adalah kitab Sunan Abu Dawud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar