Sabtu, 14 Januari 2012

IMAM NAWAWI
Nama beliau adalah Muhyidin Abu Zakaria Yahya bin Syirfu al-Nawawi. Dilahirkan di Nawa sebuah wilayah di Damsyik, Syam pada bulan Muharrom tahun 631 H. Kebolehan menghafal Al Quran sejak kecil. Pada tahun 649 H ketika berusia 19 tahun telah pergi ke kota Baghdad untuk belajar.

Karangannya adalah banyak diantara kitabnya yang begitu populer adalah Matan al-Arbain (hadits 40), Riyadhus Sholihin, Syarah Sohih Muslim dan al-Adhkar. Di Indonesia nama beliau terkenal dengan kitabnya "Minhajut Tholibin", sebuah kitab fiqih dalam madzhab Syafi'i yang banyak dipelajari di sekolah sekolah dan pesantren pesantren di tanah air.

Kehidupan Imam Nawawi dihabiskan kepada bakti dan khidmat suci terhadap penyebaran dan perkembangan ilmu pengetahuan Islam. Seorang yang begitu bertakwa menurut arti kata sepenuhnya, wara'nya dan keberhasilan jiwanya. Sepanjang hayatnya senantiasa Istiqomah dalam menjalankan kewajiban menyebarkan ilmu dengan mengajarkan dan mengarang.

Beliau pernah diusir keluar dari negeri Syam, oleh Sultan al Malik al Zahir, yang tidak senang akan fatwa yang dikeluarkan olehnya. Beliau bukanlah seorang ulama yang mencari keberanian untuk dirinya saja, beliau hidup didalam masyarakat. Beliau tidak menjual ilmu yang dimiliki dengan harta benda dunia. Beliau mencurahkan ilmu kepada masyarakat umat. Beliau memimpin umat bukan umat yang memimpin beliau. Mengeluarkan fatwa tanpa memandang siapa, walaupun fatwanya itu menyusahkan kedudukannya.

Sepanjang hayatnya banyak menulis mengarang mengajar dan menasehati. Inilah mengangkat ketinggian pribadinya dan dikagumi. Imam Nawawi pada tanggal 24 Rojab 676 H wafat, dimakamkan di Nawa. Setelah sekian lama beliau hidup dengan membujang di tengah tengah suasana masyarakat Damsyik, dan telah berjaya menyumbangkan tenaga fikiran dan ilmunya kepada agama Islam. Kitab kitab Imam Nawawi yang terkenal diantaranya:
1. Sarah Sohih Muslim
2. Riyadhus Solihin
3. Al Adzkaar
4. Al Tibyan Fi Adab Hamalat Al Qur_an
5. Al Irsyad wa al Taqrib fi 'Ulum al Hadith.
6. Al Aidah Fi Manasik al Hajj
7. Al Majmu' Syarah Muhazzab
8. Ar Raudah
9. Tahdhib al Asma' wa al Lughat
10. Al Minhajut Tholibin
11. Matan al Arbain

Menurut riwayat bahwa apabila Sultan Malik al Zahir telah mengadakan persiapan perang untuk memerangi orang tar tar (mongol) lalu digunakan fatwa ulama yang mengharuskan mengambil harta rakyat untuk kepentingan perang melawan musuh. Ulama fiqih Syam telah menulis menerangkan fatwa tersebut, tetapi Sultan Al Malik belum merasa senang hati kalau Imam Nawawi tidak memberi fatwanya. Lalu Sultan al Malik bertitah: "Masih adakah lagi orang lain". "Masih ada, Imam Nawawi". Demikian jawaban yang disampaikan kepada Sultan al Malik.

Kemudian Sultan al Malik menjemput Imam Nawawi dan meminta beliau memberi fatwanya bersama ulama fiqih mengenai pengambilan harta rakyat itu peperangan. Beliau berterus terang tidak mau memberi fatwanya dan enggan. Sultan al Malik bertanya: "Apakah sebabnya beliau enggan?". Lalu beliau memberi penjelasan. Beliau dalam penjelasan Sultan al Malik menerangkan sebagai bersikut: Ampun tuanku adalah patik sememangnya mengetahui dengan sesungguhnya bahwasannya tuanku dulunya adalah seorang tawanan tidak ada sebarang harta benda. Tetapi pertolongan Alloh telah dilimpahkan kurnianya kepada tuanku dengan dijadikan tuanku seorang raja.

Kesimpulannya beliau berfatwa tidak membenarkan Sultan Malik mengambil harta rakyat selama kekayaannya sendiri masih dapat dipergunakan. Sultan al Malik murka kepadanya karena fatwanya yang amat menggemparkan sehingga Sultan al Malik mengeluarkan perintah, supaya beliau segera keluar dari Damsyik. Imam Nawawi terima saja perintah pengusirannya itu dengan nada tenang, lalu beliau keluar ke Nawa. Para ulama syam telah berusaha menjemput beliau untuk balik ke Damsyik, tetapi beliau enggan dengan berkata: "Saya tidak akan balik ke Damsyik selama Sultan al Malik masih berkuasa".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar